Perkembangan Fitrah Anak Sampai Usia 6 Tahun

Perkembangan fitrah anak – Sebagai makhluk hidup, manusia akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan selama masa hidupnya. Pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai sejak manusia berada berada di dalam kandungan.

Ketika baru lahir, manusia mendapat julukan sebagai bayi. Setelah itu, manusia menjadi anak-anak, kemudian remaja, dewasa, dan sebutan-sebutan berikutnya.

Nah, pada artikel ini kita akan mengulas perkembangan fitrah anak sampai usia 6 tahun. Banyak yang menganggap bahwa anak usia 0-6 tahun memiliki sifat yang nakal. Padahal sebutan nakal tidaklah tepat.

Anak-anak hanya belum mengerti tentang apa yang mereka lakukan. Untuk itu, bersabarlah menghadapi anak Anda. Sadarilah bahwa sifat tersebut merupakan bagian dari fitrah anak.

Baca juga : Percobaan Susu Pelangi

 

Berikut adalah beberapa perkembangan fitrah anak yang perlu Anda pahami.

 

  • Suka Bergerak

 

Anak-anak cenderung tidak bisa diam dan tidak mau mengikuti perintah. Mereka juga selalu ingin bermain. Saat makan, mereka bermain. Saat mandi, mereka bermain. Dan saat melakukan kegiatan lainnya, mereka cenderung selalu ingin bermain.

Perkembangan fitrah anak yang satu ini tak jarang membuat Anda emosi. Namun, Anda perlu memahami bahwa semua anak, termasuk Anda saat kecil, suka bergerak dan tidak mau diam.

 

  • Sifat Unik Keren

 

Apakah anak Anda banyak berbicara, keras kepala, atau malah cengeng? Inilah salah satu sifat dalam perkembangan fitrah anak. Jadi, maklumi saja hal tersebut. Karena anak-anak memang merupakan pribadi yang unik.

Tanggapi sifat unik ini dengan kesabaran dan kasih sayang. Selain itu arahkan anak untuk bersikap lebih baik secara perlahan.

 

  • Gejala Egosentris

 

Egosentris merupakan sifat tidak mau mengalah, tidak mau berbagi, dan sifat yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Hal ini wajar karena semua orang memiliki ego.

Egosentris berbeda dengan egois. Egosentris muncul karena anak belum mampu memahami pemikiran orang lain. Sedangkan egois adalah sikap tidak mau memahami orang lain. Padahal ia sudah mampu memahami pemikiran orang lain.

Jadi jangan sebut anak Anda sebagai anak yang egois ya. Karena egois dan egosentris itu berbeda.

 

  • Rasa Penasaran pada Sesuatu

 

Jika Anda memiliki anak yang selalu penasaran dengan sesuatu, Anda patut bersyukur. Anak yang memiliki rasa penasaran tinggi merupakan anak yang cerdas. Anak yang cerdas cenderung senang untuk belajar hal-hal baru.

Jangan heran jika anak Anda merusak mainan dengan sengaja, merogoh laci, memberantakkan dapur, atau melakukan hal-hal lain. Karena ini merupakan tahapan proses belajar anak.

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Fitrah Perkembangan Anak Usia Dini

 

  • Mengenal Dekat dengan Saudara

 

Apakah anak Anda memiliki saudara? Jika iya, pasti Anda pernah atau malah sering melihat anak Anda bertengkar dengan saudaranya. Salah satu penyebab mereka bertengkar adalah karena ada yang usil atau jail.

Jika anak bertengkar karena ada yang usil, jangan marahi anak. Ini terjadi karena anak Anda ingin mengenal saudaranya lebih dekat lagi.

 

  • Meniru Apapun

 

Anak merupakan peniru yang ulung. Mereka cenderung akan meniru hal menarik yang orang lain lakukan. Nah, agar anak Anda menirukan hal-hal yang baik, Anda perlu berperilaku yang baik pula.

 

  • Suka Disayang

 

Semua anak  ingin mendapatkan kasih sayang dari semua orang. Sehingga anak terkadang sering mencari perhatian dan tak jarang cemburu kepada saudaranya.

Menanggapi perkembangan fitrah anak yang satu ini, Anda perlu memahami bahwa anak Anda suka disayang. Bersikaplah adil pada anak-anak Anda dan jangan pilih kasih.

Siswa TAUD Ibnu Abbas memiliki 10 karakter untuk mendukung fitrah anak. Mari kita cari tahu 10 Karakter Siswa TAUD IBNU ABBAS agar dapat mendukung perkembangan anak.

Share :

Buka Chat
Assalamualaikum, Butuh bantuan?
Assalamualaikum. Ayah Bunda, salam kenal saya admin Zaara😊🙏

Terimakasih sudah berkunjung ke official website kami. Ada yang dapat kami bantu untuk info program TAUD IBNU ABBAS atau QUR'AN FOR KIDS?

Pilihan Program :
🌈TAUD IBNU ABBAS
(PAUD Based Al Qur'an)
•Kelas Online
•Kelas Offline

🌈 QUR'AN FOR KIDS
(Les Mengaji & Islamic Learning)
•Private Class Online
•Class Group Online
•Home Private
•Class Group Offline

Jika ingin Konsultasi dan informasi lebih lanjut Ayah Bunda dapat menghubungi kami melalui chat WhatsApp, Kami Tunggu kehadirannya..