Metode Menghafal Al-Qur’an untuk Anak Usia Dini

Metode menghafal Al-Qur’an untuk anak – Semua orang tua muslim, pasti ingin anaknya pandai membaca Al-Qur’an. Lebih-lebih lagi jika sang buah hati mampu menghafalnya.

Tahukah Anda keutamaan apa yang akan orang tua dapatkan jika anaknya mampu menghafal Al-Qur’an? Allah akan memberikan mahkota untuk kedua orang tua anak tersebut di akhirat kelak. Bisakah Anda membayangkan betapa bahagianya orang tersebut?

Anda tentu juga ingin buah hati Anda menjadi seorang hafidz atau penghafal Al-Qur’an bukan? Oleh karena itu, Anda perlu memberikan bimbingan bagi anak Anda. Agar bisa memberikan bimbingan, tentu Anda harus tahu cara menghafal Al-Qur’an yang efektif untuk anak-anak.

Nah, berikut merupakan beberapa metode menghafal Al-Qur’an untuk anak yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari.

Metode Menghafal Al-Qur’an untuk Anak

1. Tontonkan Video Baca Al-Qur’an Kepada Anak

Salah satu metode menghafal Al-Qur’an untuk anak adalah dengan memberi tontonan video hafalan Al-Qur’an. Semakin berkembangnya teknologi, kini akses informasi pun menjadi semakin mudah. Salah satunya adalah akses informasi dalam bentuk video.

Untuk memberikan tontonan video baca Al-Qur’an kepada anak, Anda bisa mencarinya di Youtube. Pilihlah video yang sekiranya anak Anda suka dan betah menontonnya. Misalnya animasi bacaan Al-Qur’an, di mana dalam video tersebut terdapat karakter kartun favoritnya.

Tontonan video baca Al-Qur’an dengan karakter kartun, tidak hanya sebagai bimbingan atau pengajaran, tetapi juga sebagai hiburan bagi anak.

Dengan cara ini, anak akan lebih betah untuk menonton video baca Al-Qur’an. Bukan hanya itu saja, anak juga akan mulai menirukan bacaan dan secara perlahan akan hafal dengan bacaan yang mereka dengar dari video tersebut.

2. Memutar Kaset Tilawah untuk Anak

Metode menghafal Al-Qur’an untuk anak yang selanjutnya adalah dengan memutar kaset yang berisi tilawah. Tentu Anda tahu bahwa anak akan mudah menghafal hal yang sering mereka dengar.

Membiasakan anak untuk mendengarkan bacaan Al-Qur’an bisa Anda lakukan dengan cara memutar kaset tilawah Al-Qur’an. Selain dengan kaset, Anda juga bisa mengunduh aplikasi yang berisi audio tilawah Al-Qur’an melalui gadget Anda lho.

3. Membaca Surat Hafalan Sebelum Tidur

Biasanya orang tua akan menyanyikan lagu nina bobo ketika anaknya hendak tidur. Nah, setelah membaca artikel ini, gantilah lagu nina bobo tersebut dengan bacaan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.

Akan lebih bagus lagi, jika Anda mengajak anak Anda untuk ikut melafalkan ayat-ayat tersebut. Hal ini akan membuat lidah anak terbiasa dalam melafalkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Ketika mendengar suara cadelnya melantunkan bacaan Al-Qur’an, tentu akan membuat Anda merasa gemas sekaligus bangga.

4. Menggunakan Flash Card

Sebagai orang tua, mungkin Anda tidak asing dengan mainan yang bernama flash card. Flash card adalah kartu warna-warni yang berisi gambar atau tulisan. Flash card bisa menjadi salah satu metode menghafal Al-Qur’an untuk anak yang efektif.

Nah, untuk mengenalkan anak kepada Al-Qur’an, Anda bisa membeli flash card yang berisi tulisan huruf-huruf hijaiyah. Dengan desainnya yang penuh warna, flash card tentu akan sangat menarik bagi anak Anda.

Luangkan waktu Anda untuk bermain sembari belajar bersama anak Anda dengan flash card ini. Kenalkan huruf-huruf hijaiyah kepada anak Anda sejak dini untuk menumbuhkan cinta terhadap Al-Qur’an.

Sebagai orang tua, tentu Anda menginginkan yang terbaik bagi buah hati Anda. Termasuk dalam hal pendidikan keagamaan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mendaftarkan anak Anda ke lembaga PAUD yang mampu mencetak generasi anak sholeh dan sholehah.

Di mana tempatnya? Tentu saja di Taud Ibnu Abbas. Taud Ibnu Abbas siap membantu Anda untuk menanamkan rasa cinta anak kepada Allah, Al-Qur’an, dan juga Rasulullah sejak usia dini. Kami menggunakan sistem small class, yaitu setiap 2 pembimbing untuk 10 anak. Sehingga anak akan mendapatkan perhatian lebih dan pembelajaran menjadi lebih efektif.

Segera daftarkan buah hati Anda di Taud Ibnu Abbas dan lihat perubahan dalam diri anak Anda.

Share :

Buka Chat
Assalamualaikum, Butuh bantuan?
Assalamualaikum. Ayah Bunda, salam kenal saya admin Zaara😊🙏

Terimakasih sudah berkunjung ke official website kami. Ada yang dapat kami bantu untuk info program TAUD IBNU ABBAS atau QUR'AN FOR KIDS?

Pilihan Program :
🌈TAUD IBNU ABBAS
(PAUD Based Al Qur'an)
•Kelas Online
•Kelas Offline

🌈 QUR'AN FOR KIDS
(Les Mengaji & Islamic Learning)
•Private Class Online
•Class Group Online
•Home Private
•Class Group Offline

Jika ingin Konsultasi dan informasi lebih lanjut Ayah Bunda dapat menghubungi kami melalui chat WhatsApp, Kami Tunggu kehadirannya..