Manfaat Belajar Mengaji Sejak TK

Manfaat belajar mengaji sejak TK – Di era yang serba modern ini, minat anak untuk mempelajari agama cenderung menurun. Tetapi biar bagaimanapun, Anda sebagai orang tua, wajib mengenalkan agama kepada anak, salah satunya adalah mengajarkan mengaji.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas hal yang berkaitan dengan manfaat belajar mengaji sejak TK bagi anak-anak. Langsung saja kita masuk ke pembahasan.

Kapan Sebaiknya Anak Diajarkan untuk Belajar Mengaji?

Mengajarkan anak untuk mengaji sejak sedini mungkin merupakan sebuah keputusan yang sangat tepat. Tapi berapa usia ideal anak untuk mulai belajar mengaji?

Sejatinya anak baru akan mulai mengerti untuk belajar Al-Qur’an pada usia 2-3 tahun. Namun Anda bisa mulai mengenalkan anak kepada Al-Qur’an sejak ia di dalam kandungan. Dengan cara rutin membaca Al-Qur’an sembari mengusap perut. Saat ia lahir, lantunkan ayat suci Al-Qur’an dan sholawat nabi di setiap kesempatan, misalnya ketika anak hendak tidur.

Baru ketika usia 2-3 tahun, Anda bisa mulai melatih anak untuk melafalkan bacaan Al-Qur’an dengan suara imutnya. Selain itu jangan lewatkan untuk mengenalkan huruf-huruf hijaiyah agar anak kelak tidak hanya bisa melantunkan, tetapi  juga bisa membaca Al-Qur’an.

Prinsip Mengajarkan Anak Mengaji

Dalam mengajarkan anak untuk mengaji, ada satu prinsip yang tidak boleh Anda langgar. Yaitu jangan gunakan paksaan atau kekerasan. Jika Anda memaksa anak, atau bahkan menggunakkan kekerasan dalam mengajarkan anak mengaji, maka anak tersebut bisa trauma dan malah menjadi benci dengan kegiatan mengaji.

Akan lebih baik Anda memberikan pemahaman kepada si kecil bahwa mengaji merupakan kewajiban bagi umat Islam. Sehingga anak tahu kenapa ia harus belajar mengaji.

Baca Juga : Metode Belajar Al Quran Untuk Anak

Pentingnya Belajar Mengaji Sejak Kecil

Pentingnya mengajarkan anak untuk mengaji sejak kecil adalah agar tumbuh keyakinan anak bahwa Al-Qur’an merupakan firman Allah. Keyakinan yang tertanam sejak dini ini akan terpatri dalam diri anak hingga ia dewasa dan juga dapat meneguhkan aqidah.

Manfaat Belajar Mengaji Sejak TK

Tentu ada banyak keuntungan atau manfaat belajar mengaji sejak TK. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Membuat anak mencintai Al-Qur’an sejak dini

Manfaat belajar mengaji sejak TK yang pertama adalah mampu menanamkan rasa cinta akan kepada Al-Qur’an. Karena anak sudah mengenalnya sejak kecil dan terbiasa untuk selalu berinteraksi dengan Al-Qur’an.

  • Lebih mudah menyerap pengajaran

Pada usia 3-6 tahun anak lebih mudah menangkap, mengingat, serta meniru apa yang ia lihat, dengar, alami, dan yang orang sekitarnya ajarkan. Termasuk dalam hal belajar mengaji Al-Qur’an.

  • Meningkatkan kecerdasan anak

Mengajarkan Al-Qur’an sejak dini kepada anak mampu mengasah otak anak dan meningkatkan kecerdasannya.

  • Memudahkan anak untuk menghafal Al-Qur’an

Membiasakan anak untuk mempelajari Al-Qur’an sejak dini, akan membuat anak lebih mudah menghafalnya. Dan memungkinkan anak untuk menjadi penghafal Al-Qur’an di usia muda.

Itulah artikel manfaat belajar mengaji sejak TK yang perlu Anda ketahui.

 

TAUD Ibnu Abbas memiliki metode tersendiri dalam proses mengajar seperti metode tahsin. Untuk info lebih lanjut dan mungkin mau mempraktekkan untuk buah hati, mari cek Teknik Mengaji Metode Insani Di Taud Ibnu Abas 

Share :

Buka Chat
Assalamualaikum, Butuh bantuan?
Assalamualaikum. Ayah Bunda, salam kenal saya admin Zaara😊🙏

Terimakasih sudah berkunjung ke official website kami. Ada yang dapat kami bantu untuk info program TAUD IBNU ABBAS atau QUR'AN FOR KIDS?

Pilihan Program :
🌈TAUD IBNU ABBAS
(PAUD Based Al Qur'an)
•Kelas Online
•Kelas Offline

🌈 QUR'AN FOR KIDS
(Les Mengaji & Islamic Learning)
•Private Class Online
•Class Group Online
•Home Private
•Class Group Offline

Jika ingin Konsultasi dan informasi lebih lanjut Ayah Bunda dapat menghubungi kami melalui chat WhatsApp, Kami Tunggu kehadirannya..