Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Mengaji

Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Mengaji – Tentu sebagai orang tua, Anda pernah merasakan sulitnya membujuk anak agar mau belajar mengaji. Atau mungkin Anda tengah mengalaminya sekarang?

Walaupun cukup menguras kesabaran dan tak jarang membuat emosi, namun jangan sekali-kali membentak buah hati kesayangan Anda. Karena bentakan bisa membuat anak trauma dan takut kepada orang tuanya sendiri.

Daripada membentak, masih ada banyak cara positif yang bisa Anda terapkan agar anak Anda mau belajar mengaji dan merasa enjoy. Dengan mengaplikasikan cara mengatasi anak yang tidak mau mengaji yang tepat, tidak akan ada lagi drama ketika mengajak anak untuk belajar mengaji.

 

Baca juga : Metode Les Mengaji Untuk Anak Usia Dini

Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Mengaji

Orang tua yang bijak, tidak akan meminta si kecil melakukan sesuatu dengan paksaan. Lalu bagaimana caranya? Berikut akan kami bahas cara mengatasi anak yang tidak mau mengaji satu per satu.

1. Tentukan Waktu Mengaji

Untuk menanamkan kebiasaan baik, tentukan waktu mengaji secara konsisten setiap harinya. Kenapa harus konsisten? Karena dengan konsistensi, anak akan mengerti bahwa mengaji merupakan salah satu rutinitas yang harus ia kerjakan setiap harinya.

Jika Anda memilih waktu setelah sholat ashar untuk anak Anda belajar mengaji, maka lakukan hal tersebut setiap hari pada jam yang sama. Dengan cara ini, anak akan terbiasa dan mengerti kapan waktu untuk bermain, kapan waktu untuk mengaji, dan pembagian waktu lainnya.

2. Berikan Alasan Kenapa Harus Mengaji

Anak kecil memang belum bisa memahami apa itu hak dan kewajiban. Tentu ia juga belum paham terkait kewajibannya sebagai umat muslim, salah satunya yaitu mengaji. Oleh karena itu, Anda perlu memberi pemahaman mengenai alasan mengapa ia harus belajar mengaji.

Cara yang satu ini harus Anda terapkan dengan lembut dan menggunakan cara yang mudah dipahami anak. Misalnya adalah dengan membacakan cerita atau dongeng Islami tentang kewajiban umat Islam.

Dengan cara ini, secara perlahan anak akan paham dengan kewajiban yang harus ia jalankan, yaitu mengaji.

3. Berikan Teladan yang Baik

Cara mengatasi anak agar mau mengaji yang selanjutnya adalah dengan memberikan teladan. Memberikan teladan akan lebih baik daripada Anda hanya memberi nasehat. Dengan memberi teladan, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak kata agar anak Anda mau mengaji.

Sebelum menyuruh anak Anda untuk mengaji, sebaiknya Anda juga menerapkan kebiasaan mengaji ini pada diri Anda sendiri. Dengan melihat ayah ibunya mengaji setiap hari, maka anak juga akan terdorong untuk bisa melakukan hal yang sama. Dan ia menjadi tertarik untuk belajar mengaji.

4. Berikan Reward dan Pujian Sederhana

Reward dan pujian adalah hal yang disukai oleh semua orang, termasuk anak-anak. Nah, cara mengatasi anak agar mau mengaji ini bisa Anda terapkan kepada anak Anda. Tujuannya agar anak Anda lebih semangat untuk belajar mengaji.

Berikan pujian kepada anak setiap kali ia menunjukkan perkembangan dalam belajar mengaji. Saat anak mulai bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar, berikan reward untuknya. Misalnya dengan memberikan sajadah baru atau benda bermanfaat lainnya.

Dengan reward dan pujian ini, anak akan merasa bangga dengan apa yang telah ia capai. Selain itu juga dapat memotivasinya untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

5. Berikan Suasana yang Nyaman untuk Anak

Suasana yang nyaman dan menyenangkan dapat meningkatkan semangat anak untuk belajar mengaji. Anda bisa mengatur waktu untuk Anda dan keluarga mengaji bersama-sama. Melakukan kegiatan belajar mengaji bersama-sama dapat mendorong anak untuk ikut belajar. Selain itu juga dapat mempererat kebersamaan keluarga Anda.

Selain membimbing anak untuk mengaji, menumbuhkan rasa cinta anak kepada Al-Qur’an juga tak kalah penting. Karena dengan rasa cinta, si kecil akan belajar mengaji tanpa merasa terbebani.

 

Berikut 5 cara untuk menghadapi anak yang malas mengaji. Berikanlah rasa yang nyaman untuk si Anak daripada dengan cara yang terpaksa.

Share :

Buka Chat
Assalamualaikum, Butuh bantuan?
Assalamualaikum. Ayah Bunda, salam kenal saya admin Zaara😊🙏

Terimakasih sudah berkunjung ke official website kami. Ada yang dapat kami bantu untuk info program TAUD IBNU ABBAS atau QUR'AN FOR KIDS?

Pilihan Program :
🌈TAUD IBNU ABBAS
(PAUD Based Al Qur'an)
•Kelas Online
•Kelas Offline

🌈 QUR'AN FOR KIDS
(Les Mengaji & Islamic Learning)
•Private Class Online
•Class Group Online
•Home Private
•Class Group Offline

Jika ingin Konsultasi dan informasi lebih lanjut Ayah Bunda dapat menghubungi kami melalui chat WhatsApp, Kami Tunggu kehadirannya..