Cara Mengajarkan Anak Berhitung di Usia 5-6 Tahun

Cara mengajarkan anak berhitung – Berhitung merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus anak-anak miliki. Oleh karena itu Anda perlu mengajarkan kepada anak untuk menghitung.

 

Mengajarkan anak untuk berhitung harus Anda mulai sejak usia sedini mungkin. Karena pada usia dini, apa yang Anda ajarkan kepada anak terekam dengan baik di ingatan anak.

 

Cara mengajari anak berhitung perlu Anda lakukan dengan metode yang menyenangkan. Tujuannya agar si kecil tidak bosan dan mau belajar lebih mendalam lagi.

 

Berikut beberapa cara mengajarkan anak berhitung yang mudah dan akan membuat anak merasa enjoy saat belajar.

 

Berikan Contoh yang Pasti dan Mudah Dipahami

 

Cara mengajarkan anak berhitung yang pertama adalah dengan memberikan contoh yang pasti dan mudah anak pahami. Bagaimana maksudnya?

 

Maksudnya adalah ajari anak untuk menghitung benda-benda di sekitarnya. Misalnya Anda mempunyai apel,  ajarkan anak untuk menghitung apel tersebut.

 

Cara ini akan lebih efektif daripada hanya mengajarkan anak berhitung menggunakan tulisan.

 

Jangan Terlalu Memaksa Anak

 

Saat mengajari anak untuk belajar, jangan terpancing emosi dan memaksa anak. Anak-anak akan belajar sedikit demi sedikit sesuai tahapannya. Jadi jangan sesekali memaksa anak untuk memahami apa yang Anda ajarkan secara sekaligus.

 

Jika Anda terlalu memaksa anak, maka dapat membuat anak merasa trauma dan lebih sulit untuk menerima pelajaran yang Anda berikan. Daripada memaksa, lebih baik Anda memberi motivasi kepada anak Anda agar lebih semangat belajar.

 

Menggunakan Metode Bernyanyi Saat Berhitung

 

Anak usia di bawah 6 tahun memiliki ketertarikan yang tinggi untuk bermain. Namun anak usia ini juga sangat mudah merasa bosan.

 

Oleh sebab itu, Anda perlu mengajarkan anak untuk berhitung dengan cara yang menarik. Salah satunya adalah dengan berhitung sambil bernyanyi. Nada dan irama yang menyenangkan akan membuat anak tertarik dan mengikuti nyanyian.

 

Ketika bernyanyi, gerakkan jari jemari sesuai dengan angka yang ada pada lirik lagu agar anak mampu mengingat bilangan angka tersebut.

 

Melatih Berhitung Menggunakan Jari Tangan dan Kaki

 

Cara mengajarkan anak berhitung yang sangat sederhana adalah dengan menggunakan jari tangan dan kaki. Anda bisa membimbing anak untuk menghitung jumlah jari pada masing-masing tangan.

 

Selain itu, Anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan kepada anak. Misalnya berapa jumlah ibu jarinya, berapa jari telunjuknya, dan pertanyaan sejenis lainnya.

 

Berhitung Menggunakan Kartu Mainan

 

Untuk mengajarkan anak berhitung menggunakan kartu, Anda bisa membuat kartu mainan tersebut sendiri. Buatlah kartu yang berisi angka 0 hingga 10 atau lebih. Acak kartu tersebut dan bimbing anak untuk mengurutkan angka sesuai susunan yang benar.

 

Itulah beberapa cara mengajarkan anak berhitung yang bisa Anda praktekkan di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan tingkat kesulitan berhitung dengan usia si kecil ya. Oh iya, berapa usia buah hati Anda? Jika sudah menginjak usia 3 tahun, Anda perlu mendaftarkannya ke PAUD.

 

Namun jangan sembarangan memilih PAUD untuk anak Anda. Pilihlah lembaga yang benar-benar terpercaya dan bisa membimbing anak Anda dengan baik. Selain itu, pastikan anak Anda merasa bahagia ketika belajar.

 

Ingin menyekolahkan anak Anda di lembaga dengan ciri-ciri seperti di atas? Daftarkan anak Anda di Taud Ibnu Abbas. Taud Ibnu Abbas adalah lembaga PAUD untuk anak usia 3-6 tahun yang tidak hanya mengajarkan materi pra sekolah, tetapi juga mengenalkan agama kepada anak.

 

Di Taud Ibnu Abbas, anak akan dibimbing untuk memahami materi pra sekolah, mencintai Allah, Rasulullah, dan Al-Qur’an, melatih anak untuk mandiri, dan bersosialisasi, dan masih banyak lagi hal positif yang akan anak Anda dapatkan.

 

Tunggu apa lagi? Jadikan Taud Ibnu Abbas sebagai partner Anda dalam membimbing serta mendidik anak menjadi pribadi yang produktif, berakhlakul karimah, dan mencintai Al-Qur’an.

Share :

Buka Chat
Assalamualaikum, Butuh bantuan?
Assalamualaikum. Ayah Bunda, salam kenal saya admin Zaara😊🙏

Terimakasih sudah berkunjung ke official website kami. Ada yang dapat kami bantu untuk info program TAUD IBNU ABBAS atau QUR'AN FOR KIDS?

Pilihan Program :
🌈TAUD IBNU ABBAS
(PAUD Based Al Qur'an)
•Kelas Online
•Kelas Offline

🌈 QUR'AN FOR KIDS
(Les Mengaji & Islamic Learning)
•Private Class Online
•Class Group Online
•Home Private
•Class Group Offline

Jika ingin Konsultasi dan informasi lebih lanjut Ayah Bunda dapat menghubungi kami melalui chat WhatsApp, Kami Tunggu kehadirannya..