Cara Mengajar Tahfidz untuk Anak PAUD

Cara mengajar tahfidz – Saat menjelang puasa ramadhan, biasanya terdapat acara kompetisi para penghafal Al-Qur’an di televisi. Pernahkah Anda berangan memiliki buah hati seperti anak-anak dalam kompetisi tersebut?

Anak yang mampu menghafal Al-Qur’an, tentu tak lepas dari peran orang tuanya. Entah orang tuanya yang mengajarkan anak secara langsung atau memilih orang maupun lembaga yang tepat untuk mengajari anaknya menghafal Al-Qur’an.

Lalu bagaimana cara mengajar tahfidz untuk anak-anak usia PAUD yang bisa orang tua lakukan? Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan dalam keseharian anak.

Tips dan Cara Mengajar Tahfidz untuk Anak

1. Sabar

Dalam pendidikan, kunci agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal adalah kesabaran. Oleh karena itu, Anda harus selalu bersabar ketika mendidik dan mengajarkan anak.

Jika anak salah mengucapkan huruf atau ayat, jangan marahi anak. Memarahi anak hanya akan memperlambat proses belajar. Karena ketika Anda marah kepada anak, anak akan takut, bingung, gugup, dan pikirannya akan buyar.

Lebih baik Anda membimbing ia secara perlahan dan penuh kesabaran. Ketika Anda mendidik anak dengan kesabaran, maka anak akan merasa nyaman saat belajar bersama Anda.

Jika si kecil nyaman, maka ia akan lebih mudah mengingat dan menyerap pelajaran.

 

2. Sering melakukan pengulangan

Cara mengajar tahfidz yang selanjutnya adalah sering mengulang bacaan. Anak tentu belum bisa hafal dengan sekali baca. Sehingga Anda perlu membimbing anak untuk mengulang-ulang bacaan.

Untuk dapat rutin mengulang bacaan, disiplinkan anak untuk mengatur waktu dengan baik. Ajari ia untuk mengatur kapan waktunya ia menghafal Al-Qur’an, kapan ia belajar, kapan ia bermain, kapan ia tidur dan waktu untuk kegiatan lainnya.

Untuk tahap awal menghafal, bimbing anak untuk mengulang bacaan selama 30 menit atau 1 jam setiap selesai sholat fardhu.

Baca Juga : Metode Belajar Al Quran Untuk Anak – Anak

 

3. Gunakan media belajar yang menarik dan lucu

Layaknya anak-anak, buah hati Anda tentu memiliki ketertarikan pada hal-hal yang menarik dan lucu.

Salah satu media yang menarik bagi anak adalah video. Anak-anak cenderung tertarik dengan gambar animasi yang bergerak. Terlebih lagi jika tokoh dalam video tersebut adalah tokoh kartun favorit anak.

Untuk menemukan video hafalan Al-Qur’an yang menarik bagi anak tidaklah sulit. Di era modern ini, Anda bisa menemukan banyak video di youtube. Pilihlah video lantunan bacaan Al-Qur’an yang bisa membuat anak betah untuk menonton.

 

4. Selingi dengan permainan

Cara mengajar tahfidz yang menyenangkan juga perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menyelingi hafalan dengan permainan.

Misalnya adalah permainan sambung ayat. Anda bisa memulai permainan dengan membacakan penggalan ayat. Setelah itu, minta anak untuk membaca lanjutannya.

Anda juga bisa bermain tebak ayat dengan anak. Minta anak untuk melafalkan ayat tertentu dalam sebuah surat. Misalnya minta anak untuk melantunkan ayat ke-2 surat Al-Fatihah, atau surat-surat lainnya.

Itulah beberapa cara mengajar tahfidz untuk anak Anda. Ingin anak Anda bisa menghafal Al-Qur’an? Bangkitkan minat anak agar senang menghafal Al-Qur’an dengan menumbuhkan rasa cintanya kepada Al-Qur’an.

Untuk menumbuhkan kecintaan anak kepada Al-Qur’an, tentu memerlukan dukungan dari lingkungan sekitar anak. Salah satunya adalah lingkungan pendidikan anak. Oleh karena itu, pilihlah lembaga pendidikan yang berbasis Al-Qur’an seperti Taud Ibnu Abbas.

Selain mengajarkan materi pra sekolah seperti lembaga PAUD lainnya, Taud Ibnu Abbas juga membimbing anak untuk lebih dekat kepada Allah, Rasulullah, dan Al-Qur’an.

Taud Ibnu Abbas senantiasa memperdengarkan serta mengajak anak untuk melantunkan bacaan Al-Qur’an dengan metode yang menyenangkan. Dengan terbiasa mendengar serta melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an, maka secara perlahan hati anak akan menyatu dengan Al-Qur’an.

Di Taud Ibnu Abbas, akhlakul karimah juga akan terbentuk melalui berbagai kisah Allah dan Rasulnya. Dari kisah yang diceritakan, anak bisa meneladani sifat-sifat terpuji Rasulullah.

Bimbing si kecil menjadi pribadi yang mencintai Al-Qur’an sejak dini di Taud Ibnu Abbas.

 

Share :

Buka Chat
Assalamualaikum, Butuh bantuan?
Assalamualaikum. Ayah Bunda, salam kenal saya admin Zaara😊🙏

Terimakasih sudah berkunjung ke official website kami. Ada yang dapat kami bantu untuk info program TAUD IBNU ABBAS atau QUR'AN FOR KIDS?

Pilihan Program :
🌈TAUD IBNU ABBAS
(PAUD Based Al Qur'an)
•Kelas Online
•Kelas Offline

🌈 QUR'AN FOR KIDS
(Les Mengaji & Islamic Learning)
•Private Class Online
•Class Group Online
•Home Private
•Class Group Offline

Jika ingin Konsultasi dan informasi lebih lanjut Ayah Bunda dapat menghubungi kami melalui chat WhatsApp, Kami Tunggu kehadirannya..