Cara Mendidik Anak Berdasarkan Ali Imran

Cara mendidik anak – Didikan orang tua sangat menentukan bagaimana akhlak anak kelak. Bagaimana cara Anda mengajarkan anak untuk berperilaku, untuk berkomunikasi, dan ajaran-ajaran lain akan menjadi kebiasaan anak di kemudian hari.

Anak juga merupakan peniru ulung. Ia cenderung akan meniru perilaku orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, berperilakulah yang baik agar anak Anda meniru hal-hal yang baik dari Anda.

Pada artikel ini kita akan membahas cara mendidik anak berdasarkan Ali Imran. Siapa itu Ali Imran? Ali Imran adalah ayah dari Maryam, ibu Nabi Isa.

Bagaimana cara Ali Imran mendidik Maryam sehingga Maryam tumbuh menjadi wanita yang sholehah? Berikut beberapa cara mendidik anak berdasarkan Ali Imran yang bisa Anda jadikan teladan.

Berikan Motivasi Beribadah

Saat Hannah, ibu Maryam mengandung, ia berdoa kepada Allah agar anak yang ia kandung kelak menjadi anak yang taat beribadah kepada Allah.

Dari hal tersebut, kita bisa mengambil pelajaran bahwa dalam mendidik anak, niatkan semata-mata hanya untuk Allah dan karena Allah.

Dengan demikian, Anda bisa mencontohkan kepada anak untuk melakukan segala sesuatu dengan niat ibadah kepada Allah. Dan bukan karena hal yang lain. Seperti mengharapkan pujian misalnya.

Berikan Nama yang Baik untuk Anak

Cara mendidik anak berikutnya adalah memberi nama yang baik untuk anak. Taukah Anda bahwa nama merupakan doa dan harapan orang tua kepada anaknya? Jadi berikan nama yang memiliki makna atau arti yang baik kepada anak.

Seperti Ali Imran dan Hannah yang menamai anaknya dengan nama Maryam. Maryam sendiri memiliki arti yang luar biasa indah. Yaitu wanita ahli ibadah dan pelayan Allah.

Dari nama tersebut, terwujudlah doa dan harapan Ali Imran serta Hannah. Anaknya, Maryam tumbuh menjadi wanita sholehah dan senantiasa beribadah kepada Allah.

Baca Juga : Cara Mengajar Anak Tahfidz Untuk Anak PAUD

Orang Tua Harus Selalu Mendoakan Anak

Ridho Allah adalah ridho orang tua. Sehingga Allah akan mengabulkan doa orang tua kepada anaknya.

Untuk itu, Anda harus mendoakan buah hati Anda agar senantiasa mendapat kebaikan. Segala sesuatu yang terjadi pada anak Anda merupakan kehendak Allah, termasuk perilaku dan keberhasilannya.

Doakan anak Anda agar menjadi anak yang sholeh/sholehah serta sukses di dunia dan akhirat.

Berikan Makanan dan Rezeki yang Halal

Cara mendidik anak berdasarkan Ali Imran yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memberi makan anak dengan rezeki yang halal.

Makanan yang Anda berikan kepada anak Anda akan berpengaruh pada sifat dan karakternya. Agar sifat dan karakter anak Anda baik, maka berilah ia makanan dari rezeki yang halal dan baik.

Tempatkan Anak di Lingkungan yang Baik

Tak bisa kita pungkiri bahwa lingkungan sekitar anak sangat berpengaruh pada sifat serta perilaku anak. Oleh karena itu, Anda harus menempatkan anak Anda di lingkungan yang baik.

Salah satu lingkungan yang sangat berperan dalam membentuk karakter anak adalah lingkungan pendidikan. Pilihlah lembaga pendidikan yang mampu mendekatkan anak kepada agamanya.

Setiap lembaga pendidikan memiliki caranya masing-masing. TAUD Ibnu Abbas menerapkan 10 prinsip karakter yang sesuai dengan pribadi seorang muslim. Yuk kita cari tahu di artikel yang berjudul 10 Karakter Siswa TAUD IBNU ABBAS

Share :

Buka Chat
Assalamualaikum, Butuh bantuan?
Assalamualaikum. Ayah Bunda, salam kenal saya admin Zaara😊🙏

Terimakasih sudah berkunjung ke official website kami. Ada yang dapat kami bantu untuk info program TAUD IBNU ABBAS atau QUR'AN FOR KIDS?

Pilihan Program :
🌈TAUD IBNU ABBAS
(PAUD Based Al Qur'an)
•Kelas Online
•Kelas Offline

🌈 QUR'AN FOR KIDS
(Les Mengaji & Islamic Learning)
•Private Class Online
•Class Group Online
•Home Private
•Class Group Offline

Jika ingin Konsultasi dan informasi lebih lanjut Ayah Bunda dapat menghubungi kami melalui chat WhatsApp, Kami Tunggu kehadirannya..