Aktivitas Pra Membaca Anak Usia Dini

Aktivitas pra membaca anak – Membaca menjadi salah satu kemampuan dasar yang wajib anak-anak miliki. Karena membaca merupakan modal untuk belajar lebih banyak hal di kehidupannya kelak.

Nah, Anda tentu ingin anak Anda sudah mampu membaca saat memasuki usia sekolah bukan? Tentu jawabannya adalah iya. Oleh sebab itu, ajarkan anak Anda untuk membaca sejak dini.

Jangan hanya mengajarkan, tetapi cobalah untuk membuat anak menyukai kegiatan membaca. Karena jika anak suka membaca, maka anak akan lebih tertarik untuk belajar hal-hal lain dari berbagai buku.

Berikut kami sajikan beberapa aktivitas pra membaca anak usia dini yang bisa Anda terapkan untuk menstimulasi kemampuan membaca anak.

Lakukan Kegiatan Membaca Buku Bersama-sama

Sebelum mengajarkan anak untuk membaca, kenalkan aktivitas pra membaca anak. Caranya adalah dengan memberi contoh untuk membaca buku. Beri kesempatan kepada anak untuk aktif dalam kegiatan membaca.

Bacakan buku cerita kepada anak setiap hari. Di sela-sela bacaan, tanyakan tentang gambar yang ada pada buku, tokoh cerita, maupun isi cerita kepada anak. Setelah cerita selesai, minta anak untuk menunjukkan kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan cerita tersebut.

Selain mampu mengenalkan bacaan kepada anak, cara ini juga bisa melatih kemampuan anak untuk berkomunikasi dan juga berimajinasi.

Berikan Pemahaman Tentang Konsep Tulisan

Aktivitas pra membaca anak yang selanjutnya adalah mengenalkan konsep tulisan kepada anak. Ketika membaca buku, tunjukkan kepada anak bahwa buku tersebut berisi tulisan. Tulisan terdiri dari susunan huruf abjad tertentu yang membentuk sebuah kata.

Beri pemahaman juga kepada anak bahwa membaca tulisan latin  diawai dari sebelah kiri ke kanan dan atas ke bawah. Pemahaman ini perlu Anda berikan dengan tujuan agar anak mengerti pola bacaan sejak dini.

Baca Juga : Cara Mengajarkan Anak Berhitung Usia 5 – 6 Tahun

Kenalkan Bentuk-Bentuk Huruf Abjad

Agar anak bisa membaca, maka Anda perlu mengajak anak untuk melakukan aktivitas pra membaca anak yang satu ini, yaitu mengenalkan bentuk huruf. Jika anak tidak pernah tahu bentuk huruf, bagaimana anak akan bisa membaca?

Untuk mengenalkan bentuk-bentuk huruf adjad kepada anak, Anda bisa memanfaatkan poster, permainan puzzle, atau benda-benda lain. Misalnya ajarkan anak untuk membentuk huruf-huruf yang sederhana dengan menggunakan sumpit, batang korek api, tali, atau mie.

Berikan Permainan yang Berhubungan dengan Kata

Anak-anak tentu sangat tertarik dengan permainan. Oleh karena itu, untuk mengajarkan anak membaca, Anda bisa mengajaknya untuk bermain kata.

Sebagai contoh, berikan pertanyaan kepada anak “kata apa yang berawalan huruf A?”, “kata apa yang berawalan sa?”, dan pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang kata lainnya.

Ajari Anak untuk Membaca Tulisan di Sekitarnya

Ketika sedang bersama anak Anda, baik di dalam maupun luar rumah, amati lingkungan sekitar. Adakah tulisan yang mungkin bisa anak Anda baca?

Jika ada, maka minta anak Anda untuk mencoba membaca tulisan tersebut. Bila anak masih kesulitan untuk membaca, ingatkan kembali bentuk-bentuk huruf kepada anak.

Pendidikan di rumah saja tidak cukup bagi si kecil. Karena si kecil juga perlu belajar untuk bersosialisasi. Oleh karena itu, jika saat ini anak Anda berusia 3-6 tahun, Anda perlu mendaftarkannya di lembaga PAUD yang tepat.

Ada banyak pilihan lembaga PAUD untuk anak Anda. Salah satunya adalah Taud Ibnu Abbas. Apa itu Taud Ibnu Abbas? Taud Ibnu Abbas adalah lembaga tahfidz anak usia dini yang mempunyai misi untuk membangkitkan kecintaan anak kepada Allah, Rasulullah, dan Al-Qur’an.

Sehingga selain mengajarkan materi pra sekolah, Taud Ibnu Abbas juga menyemai rasa cinta anak kepada Allah, Rasulullah, dan juga Al-Qur’an. Ketika belajar di Taud Ibnu Abbas, anak Anda tidak akan merasa bosan, karena segala kegiatan pembelajaran didesain agar anak merasa seperti bermain.

Mari didik anak Anda menjadi generasi Qur’ani bersama Taud Ibnu Abbas, fun learning with Al-Qur’an.

Share :

Buka Chat
Assalamualaikum, Butuh bantuan?
Assalamualaikum. Ayah Bunda, salam kenal saya admin Zaara😊🙏

Terimakasih sudah berkunjung ke official website kami. Ada yang dapat kami bantu untuk info program TAUD IBNU ABBAS atau QUR'AN FOR KIDS?

Pilihan Program :
🌈TAUD IBNU ABBAS
(PAUD Based Al Qur'an)
•Kelas Online
•Kelas Offline

🌈 QUR'AN FOR KIDS
(Les Mengaji & Islamic Learning)
•Private Class Online
•Class Group Online
•Home Private
•Class Group Offline

Jika ingin Konsultasi dan informasi lebih lanjut Ayah Bunda dapat menghubungi kami melalui chat WhatsApp, Kami Tunggu kehadirannya..