Penyebab Anak Malas Belajar Mengaji Pada Usia Dini

Penyebab Anak Malas Belajar Mengaji Pada Usia Dini

Penyebab anak malas belajar mengaji – Bagaimana perasaan Anda, sebagai orang tua jika anak Anda malas bahkan menolak untuk belajar mengaji? Tentu Anda akan merasa sangat sedih bukan? Buah hati yang Anda harapkan menjadi anak sholeh dan sholehah malah enggan untuk belajar mengaji.

Sebagai orang tua, janganlah hanya menyuruh anak Anda untuk belajar mengaji. Tetapi cobalah untuk memahami perasaannya juga. Hal ini bukan berarti Anda harus membiarkan si kecil yang enggan belajar. Tetapi coba untuk mencari tahu penyebab mengapa anak malas belajar mengaji.

Dengan mengetahui penyebab anak malas belajar mengaji, Anda bisa segera menemukan solusi yang paling tepat demi perkembangan anak Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab anak Anda malas untuk belajar mengaji.

Penyebab Anak Malas Belajar Mengaji

  • Gaya Belajar Tidak Sesuai

Penyebab anak malas belajar mengaji yang paling umum adalah gaya belajar yang tidak sesuai. Gaya belajar yang tidak sesuai, tentu bisa membuat anak merasa malas dan enggan untuk belajar mengaji.

Oleh karena itu, orang tua perlu memahami karakter anak dan mencari gaya belajar yang paling sesuai.

Pada umumnya terdapat empat gaya belajar anak. Apa saja itu?

  1. Visual

Anak dengan gaya belajar visual, akan lebih cepat paham dengan melihat gambar, video, ilustrasi, dan sebagainya.

2. Auditori

Anak dengan gaya belajar ini, lebih mudah menangkap materi atau informasi dalam bentuk suara. Yaitu penjelasan melalui lisan.

3. Membaca dan menulis

Ada pula anak yang akan lebih mudah mengerti dengan mengandalkan materi yang berbentuk tulisan. Anak seperti ini biasanya gemar untuk membuat catatan atau tulisan di buku.

4. Kinestetik

Gaya belajar yang satu ini cenderung akan langsung terjun pada praktek. Gaya belajar kinestetik dapat membuat anak lebih senang ketika belajar.

  • Lingkungan Tidak Mendukung

Anda tentu tahu bahwa lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap perasaan seseorang. Begitu pula dengan anak Anda. Lingkungan yang tidak mendukung dapat membuat anak malas untuk belajar.

Suasana lingkungan rumah terkadang sering dilupakan oleh beberapa orang tua. Rumah dengan suasana positif akan berpengaruh pada prestasi anak.

Sebaliknya, suasana yang tidak kondusif dapat membuat anak malas untuk berkegiatan, terutama belajar. Entah itu belajar pendidikan umum atau pendidikan agama, seperti mengaji.

  • Masalah dalam Proses Belajar

Penyebab anak malas belajar mengaji yang selanjutnya adalah adanya masalah dalam proses belajar. Apa maksud dari masalah dalam proses belajar? Masalah dalam belajar dapat berupa kesulitan anak untuk menangkap pelajaran yang telah didapatkan.

Ada beberapa penyebab mengapa anak sulit memahami informasi atau pembelajaran. Salah satunya adalah disleksia. Disleksia merupakan ketidakmampuan anak dalam mengaitkan pelafalan dengan kata-kata. Sehingga anak sulit untuk membaca.

Selain itu, masalah lain dalam belajar anak adalah anak sulit untuk fokus dan cenderung hiperaktif.

Masalah dalam proses belajar tentu dapat mengganggu proses belajar dan anak akan malas untuk belajar. Padahal belajar mengaji merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.

  • Tidak Ada Reward atau Apresiasi

Ketika melakukan sesuatu dan kita mendapatkan apresiasi, tentu kita akan merasa bangga dan lebih percaya diri. Hal itu pula yang akan dirasakan oleh anak-anak ketika mendapatkan apresiasi.

Nah, agar anak tidak malas untuk belajar mengaji, jangan lupa untuk selalu mengapresiasi usaha anak Anda. Apresiasi tidak harus berwujud benda. Dengan pujian saja anak akan merasa senang dan terdorong untuk melakukan segala hal dengan lebih baik lagi.

Namun, tidak ada salahnya jika sesekali Anda memberikan hadiah atau reward atas pencapaian si kecil. Hadiah seperti buku baru, alat sholat baru, atau hadiah lainnya dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar mengaji.

Itulah beberapa penyebab anak malas belajar mengaji yang mungkin terjadi pada anak Anda. Nah, untuk meningkatkan semangat anak dalam belajar mengaji dan belajar ilmu lain, Anda bisa mendaftarkan anak Anda di Lembaga PAUD Taud Ibnu Abbas.

Di Taud Ibnu Abbas, belajarnya mereka adalah bermain. Dengan metode belajar yang menyenangkan dan sesuai fitrah anak, yaitu bermain, maka si kecil akan lebih tertarik untuk belajar materi-materi baru.

Salah satu misi kami adalah menumbuhkan rasa cinta anak kepada Allah, Rasulullah, dan Al-Qur’an. Tapi bukan itu saja, kami juga mengajarkan anak terkait materi pendidikan umum. Seperti materi pra menulis, pra membaca, pra menghitung, dan masih banyak lagi ilmu lain yang akan anak Anda dapatkan di Taud Ibnu Abbas.

Ayo, jadikan anak Anda pribadi muslim yang berakhlakul karimah dan produktif sesuai fitrah anak bersama Taud Ibnu Abbas.