Metode Les Mengaji Untuk Anak Usia Dini

Metode Les Mengaji Untuk Anak Usia Dini

Metode les mengaji – Mengaji merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seluruh umat muslim. Tak terkecuali bagi anak-anak usia dini. Malah sebenarnya anak-anak yang masih berusia belia ini, perlu mendapat pelajaran mengaji sejak dini. Karena dengan mengaji, akan menunjang kelancaran ibadah-ibadah lainnya.

Bagi Anda yang ingin anak-anak Anda rajin dan pandai mengaji, saat ini ada banyak penawaran untuk les les mengaji. Tempat les biasanya akan menggunakan berbagai macam metode les mengaji dalam kegiatan pembelajarannya. Seperti metode ummi, insani, qiroati, dan sebagainya.

Namun sayangnya tak banyak orang tua yang paham mengenai perbedaan dari berbagai metode les mengaji tersebut. Sehingga mereka terkadang kesulitan untuk memilih les les yang tepat.

Apakah Anda termasuk? Jangan khawatir. Karena di sini kami akan membahas beberapa macam metode pembelajaran mengaji yang sering digunakan di tempat les-les mengaji. Selamat membaca.

Beberapa Metode Les Mengaji

1. Metode Insani

Metode insani merupakan salah satu metode yang paling efektif bagi anak-anak untuk belajar mengaji. Dalam metode ini, huruf dan bacaan disesuaikan dengan milestone (tahapan tumbuh kembang) anak yang mampu memahami dan mengingat huruf dan bacaan dalam waktu singkat.

Dalam buku insani, huruf dan tanda baca atau harakat menyesuaikan dengan AL-Qur’an Madinah. Sehingga setelah selesai jilid 5, anak akan mampu untuk menggunakan Al-Qur’an Utsmani. Sangat efektif, bukan?

2. Metode Ummi

Ummi berasal dari bahasa arab yang artinya ibu. Sesuai namanya, metode les mengaji Al-Qur’an yang satu ini menggunakan pendekatan bahasa ibu.

Dalam penerapannya ada tiga strategi, yaitu sebagai berikut:

  • Direct Method

Dalam proses pembelajarannya, siswa akan langsung membaca Al-Qur’an tanpa mengeja terlebih dahulu. Atau istilahnya learning by doing, yaitu belajar dengan praktek secara langsung.

  • Repetition

Repetition berarti pengulangan. Bacaan siswa akan menjadi lebih indah dan fasih ketika mengulang-ulang ayat atau surat dalam Al-Qur’an. Seperti layaknya seorang ibu yang mengajarkan bahasa (kata dan kalimat) kepada anaknya.

  • Affection

Affection artinya kasih sayang yang tulus. Kekuatan kasih sayang merupakan kunci kesuksesan seorang ibu dalam mendidik anaknya. Nah, agar pembelajaran bisa berhasil, pengajar Al-Qur’an juga meneladani sikap seorang ibu. Yaitu dengan memberikan cinta dan kasih sayang yang tulus kepada siswa-siswanya.

3. Metode Utsmani

Metode les mengaji yang selanjutnya adalah metode utsmani. Teknik belajar mengaji ini merupakan salah satu metode yang mudah dan menyenangkan. Mengapa? Karena metode pembelajarannya dengan cara ber-nasyid atau bersenandung.

Bernasyid merupakan hal yang anak-anak sukai. Dengan bernasyid pula, anak-anak akan lebih mudah untuk menghafal.

Pada metode utsmani, terdapat 3 tahap pembelajaran, yaitu menguasai huruf, menguasai tanda baca, baru kemudian praktek membaca Al-Qur’an.

3. Metode Qiroati

Pernahkah Anda mendengar tentang pembelajaran mengaji Al-Qur’an dengan metode qiroati? Ciri khas metode qiroati berada pada penerapannya yang langsung pada bacaan tartil dengan memperhatikan kaidah ilmu tajwid.

Bagaimana proses pembelajarannya? Proses pembelajarannya seperti ini. Pengajar akan sedikit menjelaskan mengenai pembelajaran. Setelah itu, siswa akan membaca Al-Qur’an dengan usahanya sendiri.

Saat ada kesalahan, pengajar akan membenarkan bacaan siswa tersebut hingga benar-benar sempurna sesuai kaidah ilmu tajwid. Apabila bacaan belum benar, maka bacaan tidak akan berlanjut.

Kelebihan dari metode qiroati adalah anak akan terbiasa untuk membaca sesuai ilmu tajwid sejak dini. Sedangkan kekurangannya adalah apabila siswa kurang pandai menyerap pembelajaran, maka selesainya akan lebih lama.

Beberapa metode les mengaji ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menurut Anda, metode mana yang paling sesuai untuk anak Anda?

Ingin buah hati Anda mencintai Al-Qur’an sejak dini? Ayo, segera daftarkan di tempat les mengaji Qur’an for Kids. Qur’an for Kids menggunakan metode les mengaji insani yang mampu membuat anak memahami huruf dan bacaan Al-Qur’an dalam waktu singkat.

Mari bimbing anak Anda menjadi anak yang cinta Al-Qur’an dengan bergabung bersama Les Mengaji anak usia dini Qur’an for Kids.