Manfaat Belajar Mengaji Sejak TK

Manfaat Belajar Mengaji Sejak TK

Manfaat belajar mengaji sejak TK – Di era yang serba modern ini, minat anak untuk mempelajari agama cenderung menurun. Tetapi biar bagaimanapun, Anda sebagai orang tua, wajib mengenalkan agama kepada anak, salah satunya adalah mengajarkan mengaji.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas hal yang berkaitan dengan manfaat belajar mengaji sejak TK bagi anak-anak. Langsung saja kita masuk ke pembahasan.

Kapan Sebaiknya Anak Diajarkan untuk Belajar Mengaji?

Mengajarkan anak untuk mengaji sejak sedini mungkin merupakan sebuah keputusan yang sangat tepat. Tapi berapa usia ideal anak untuk mulai belajar mengaji?

Sejatinya anak baru akan mulai mengerti untuk belajar Al-Qur’an pada usia 2-3 tahun. Namun Anda bisa mulai mengenalkan anak kepada Al-Qur’an sejak ia di dalam kandungan. Dengan cara rutin membaca Al-Qur’an sembari mengusap perut. Saat ia lahir, lantunkan ayat suci Al-Qur’an dan sholawat nabi di setiap kesempatan, misalnya ketika anak hendak tidur.

Baru ketika usia 2-3 tahun, Anda bisa mulai melatih anak untuk melafalkan bacaan Al-Qur’an dengan suara imutnya. Selain itu jangan lewatkan untuk mengenalkan huruf-huruf hijaiyah agar anak kelak tidak hanya bisa melantunkan, tetapi  juga bisa membaca Al-Qur’an.

Prinsip Mengajarkan Anak Mengaji

Dalam mengajarkan anak untuk mengaji, ada satu prinsip yang tidak boleh Anda langgar. Yaitu jangan gunakan paksaan atau kekerasan. Jika Anda memaksa anak, atau bahkan menggunakkan kekerasan dalam mengajarkan anak mengaji, maka anak tersebut bisa trauma dan malah menjadi benci dengan kegiatan mengaji.

Akan lebih baik Anda memberikan pemahaman kepada si kecil bahwa mengaji merupakan kewajiban bagi umat Islam. Sehingga anak tahu kenapa ia harus belajar mengaji.

Baca Juga : Metode Belajar Al Quran Untuk Anak

Pentingnya Belajar Mengaji Sejak Kecil

Pentingnya mengajarkan anak untuk mengaji sejak kecil adalah agar tumbuh keyakinan anak bahwa Al-Qur’an merupakan firman Allah. Keyakinan yang tertanam sejak dini ini akan terpatri dalam diri anak hingga ia dewasa dan juga dapat meneguhkan aqidah.

Manfaat Belajar Mengaji Sejak TK

Tentu ada banyak keuntungan atau manfaat belajar mengaji sejak TK. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Membuat anak mencintai Al-Qur’an sejak dini

Manfaat belajar mengaji sejak TK yang pertama adalah mampu menanamkan rasa cinta akan kepada Al-Qur’an. Karena anak sudah mengenalnya sejak kecil dan terbiasa untuk selalu berinteraksi dengan Al-Qur’an.

  • Lebih mudah menyerap pengajaran

Pada usia 3-6 tahun anak lebih mudah menangkap, mengingat, serta meniru apa yang ia lihat, dengar, alami, dan yang orang sekitarnya ajarkan. Termasuk dalam hal belajar mengaji Al-Qur’an.

  • Meningkatkan kecerdasan anak

Mengajarkan Al-Qur’an sejak dini kepada anak mampu mengasah otak anak dan meningkatkan kecerdasannya.

  • Memudahkan anak untuk menghafal Al-Qur’an

Membiasakan anak untuk mempelajari Al-Qur’an sejak dini, akan membuat anak lebih mudah menghafalnya. Dan memungkinkan anak untuk menjadi penghafal Al-Qur’an di usia muda.

Itulah artikel manfaat belajar mengaji sejak TK yang perlu Anda ketahui. Jika buah hati Anda masih terlalu kecil untuk mengerti huruf serta bacaan Al-Qur’an, jangan terlalu memaksanya. Anda bisa mulai mengajarkan anak untuk belajar Al-Qur’an, dengan menanamkan rasa cintanya kepada kitab suci umat Islam ini.

Bagaimana caranya? Cara termudah untuk menanamkan rasa cinta anak kepada Al-Qur’an adalah dengan membiasakan anak untuk mendengar lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an sejak dini. Jika anak Anda berusia 3-6 tahun, Anda bisa mendaftarkannya di lembaga PAUD berbasis fitrah anak dan karakter muslim yang qur’ani, Taud Ibnu Abbas.

Usia 3- 6 tahun, merupakan usia emas bagi anak untuk mulai mempelajari banyak hal. Seperti mengajarkan materi pra sekolah, menanamkan rasa cinta anak kepada Allah, Rasulullah, serta Al-Qur’an, membentuk karakter anak yang berakhlakul karimah, melatih kemandirian anak, menanamkan jiwa entrepreneur sejak dini, dan sebagainya.

Itu semua bisa anak Anda dapatkan di Taud Ibnu Abbas. Taud Ibnu Abbas mendesain segala kegiatan, termasuk kegiatan menghafal Al-Qur’an, agar anak selalu merasa senang dan bahagia serta merasa seperti tengah bermain. Tak lupa, Taud Ibnu Abbas juga senantiasa membentuk akhlakul karimah dalam diri anak melalui berbagai kisah Allah dan rasulnya.

Mari kita didik buah hati Anda menjadi generasi Qur’ani bersama Taud Ibnu Abbas.