Cara Mengatasi Fitrah Perkembangan Anak Usia Dini

Cara Mengatasi Fitrah Perkembangan Anak Usia Dini

Cara mengatasi fitrah perkembangan anak – Saat anak masih kecil, tak jarang orang tua kurang memahami cara mengatasi fitrah perkembangan anak. Mereka cenderung akan mendidik buah hatinya sesuai dengan yang mereka kehendaki tanpa memperdulikan perasaan anak.

Anak memang tidak diciptakan untuk bermain. Mereka perlu banyak belajar untuk menyiapkan masa depannya. Namun, bermain merupakan salah satu fitrah perkembangan anak.

Sehingga tak heran jika anak-anak, termasuk buah hati Anda sangat suka sekali bermain. Bahkan terkadang mereka sampai lupa waktu dan tidak mau mendengarkan nasehat Anda.

Lalu bagaimana cara mengatasi fitrah perkembangan anak? Berikut kami berikan tipsnya.

Cara Mengatasi Fitrah Perkembangan Anak

1.      Banyaklah Bersyukur

Bersyukur merupakan salah satu cara yang ampuh untuk memupuk rasa sabar dalam diri Anda. Bagaimanapun sifat anak Anda, dia adalah karunia atau anugerah yang Allah berikan kepada Anda.

Di luar sana, masih banyak pasangan yang belum juga dikaruniai keturunan oleh Allah. Dan Anda beruntung. Allah telah memberi kepercayaan kepada Anda untuk mendidik anak.

Jadi, banyak-banyaklah untuk bersyukur.

2.      Rileks dan Optimis

Sikap anak terkadang menggemaskan, tetapi tak jarang juga menguras emosi. Ketika Anda sedang emosi karena melihat sikap anak Anda, cobalah untuk rileks dan optimis.

Agar kemarahan tidak meledak, cobalah tenangkan diri dengan menarik nafas secara, tahan beberapa saat, dan hembuskan secara perlahan. Ulangi beberapa kali agar Anda merasa tenang dan rileks.

Selain mencoba untuk rileks, Anda juga harus optimis. Sikap yang kurang baik pada anak Anda akan menghilang secara perlahan dengan didikan yang tepat.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Berdasarkan Ali Imran

3.      Terima dan Hargai Keunikannya

Cara mengatasi fitrah perkembangan anak yang selanjutnya adalah menerima serta menghargai keunikan anak.

Terimalah bahwa setiap anak itu berbeda-beda dan memiliki keunikan. Bahkan anak kembar sekalipun pasti memiliki perbedaan. Anda harus peka serta menghargai setiap keunikan anak.

Tujuannya agar perkembangan anak berjalan secara optimal dan sesuai dengan bakat serta minat anak.

4.      Tidak Tergesa-Gesa

Jangan tergesa-gesa atau bahkan memaksa anak Anda untuk menuruti kehendak Anda. Arahkan si kecil secara perlahan dengan kelembutan.

Jangan lupa untuk memberikan pemahaman kepada anak mengapa dia perlu mematuhi apa yang Anda kehendaki. Berikan penjelasan secara sederhana dan gunakan bahasa yang mudah untuk anak Anda pahami.

Dengan cara ini, anak secara perlahan akan mengerti dan mematuhi apa yang Anda perintahkan.

Berbeda jika Anda menggunakan kekerasan atau pemaksaan. Anak cenderung akan takut kepada Anda dan dapat menimbulkan trauma pada anak.

Baca Juga : Cara Mengajar Tahfidz Untuk Anak PAUD

5.      Yakinlah Tiada Anak Nakal

Cara mengatasi fitrah perkembangan anak yang satu ini perlu Anda tanamkan pada diri Anda. Anda harus yakin bahwa di dunia ini tidak ada anak nakal.

Sikap anak yang kurang baik terjadi karena anak belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jika sikap buruk tersebut terbawa hingga dewasa, berarti ada yang salah pada pola didiknya.

Untuk itu Anda perlu menerapkan pola didik yang baik. Salah satunya adalah dengan memilih lembaga pendidikan yang baik. Dan Taud Ibnu Abbas hadir untuk membantu Anda dalam membimbing serta mendidik buah hati Anda.

Apa itu Taud Ibnu Abbas? Taud Ibnu Abbas adalah lembaga PAUD untuk anak usia 3-6 tahun dalam menstimulus pertumbuhan dan perkembangan sesuai fitrah anak agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Seperti layaknya lembaga PAUD, Taud Ibnu Abbas memberikan materi pra sekolah kepada anak. Namun bukan itu saja, Taud Ibnu Abbas senantiasa membangun akhlakul karimah, menumbuhkan rasa cinta anak kepada Allah, Rasulullah, dan Al-Qur’an, serta membentuk pribadi muslim yang produktif melalui berbagai kegiatan sesuai fitrah anak.

Semua kegiatan pembelajaran didesain sedemikian rupa agar anak tidak bosan dan merasa bahagia ketika belajar. Ayo bentuk karakter si buah hati sejak dini bersama Taud Ibnu Abbas.