Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Tuntunan Al-Qur’an

Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Tuntunan Al-Qur’an

Cara mendidik anak sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an – Mendidik anak bukanlah hal yang sepele. Bimbingan dan didikan orang tua kepada anak akan sangat berpengaruh pada sifat dan perilaku anak setelah ia dewasa kelak.

Sebagai orang tua, Anda tentu menginginkan anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang bertakwa, berakhlak mulia, berguna bagi banyak orang, mampu menebar kebaikan, dan harapan-harapan baik lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan cara mendidik anak sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an.

Berikut adalah 4 cara mendidik anak sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an yang bisa Anda terapkan dalam mendidik buah hati.

Cara Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Al-Qur’an

1. Memperdengarkan Al-Qur’an Sejak Lahir

Cara mendidik anak sesuai dengan tuntunan AL-Qur’an yang pertama adalah dengan membiasakan anak untuk mendengarkan bacaan Al-Qur’an sejak lahir. Anda juga bisa memperdengarkan bacaan Al-Qur’an kepada si kecil sejak dari dalam kandungan.

Saat Anda mengandung, perbanyaklah membaca Al-Qur’an pada setiap kesempatan. Dan ketika bayi sudah lahir, rutinkan untuk memperdengarkan bacaan AL-Qur’an setiap hari. Anda juga bisa menjadikan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai pengantar tidur sang bayi.

Memperdengarkan bacaan Al-Qur’an kepada anak bertujuan agar anak terbiasa dengan lantunan firman Allah dan akan tumbuh cinta di dalam dirinya. Baik itu cinta kepada Allah dan Rasulnya, serta cinta kepada Al-Qur’an.

2. Mengenalkan Dasar Islam Sejak Dini

Cara mendidik anak yang selanjutnya adalah dengan mengenalkan dasar Islam sejak dini. Didik anak untuk mengesakan Allah. Caranya adalah dengan mengajarkan anak untuk melafalkan kalimat tauhid “La ilaha illallah” saat anak berusia 3 tahun.

Setelah berselang 7 bulan, yaitu usia 3 tahun 7 bulan, ajarkan anak untuk melafalkan kalimat “Muhammadar Rasulullah”. Anda juga bisa mulai untuk mengenalkan Allah dan Rasulnya kepada buah hati Anda melalui berbagai cerita.

3. Ajak dan Ajari Anak untuk Sholat

Sholat merupakan tiang agama bagi umat muslim. Agar agama anak Anda tidak roboh, maka ajarkan anak untuk wudhu dan juga mengikuti gerakan sholat sejak dini. Dengan mengajak serta mengajari anak untuk sholat sejak dini, maka akan tertanam kebiasaan untuk menunaikan sholat 5 waktu hingga ia dewasa nanti.

4. Ajari untuk Berpuasa di Bulan Ramadhan

Setiap tahun, umat Islam akan menunaikan ibadah puasa wajib selama satu bulan yang disebut dengan puasa ramadhan. Untuk mengajarkan buah hati berpuasa, ajak anak untuk bangun sahur mulai usia 6 tahun.

Bimbing anak untuk berpuasa setengah hari dan secara perlahan biasakan anak untuk berpuasa sehari penuh. Agar lebih mudah, beri pemahaman kepada anak tentang kewajiban umat muslim untuk berpuasa, manfaat dari puasa, serta berkah yang akan ia dapatkan jika menjalankan puasa.

Itulah beberapa cara mendidik anak sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an. Selain menerapkan cara-cara di atas, agar didikan Anda lebih maksimal, maka pilihlah lembaga pendidikan yang tepat. Yaitu lembaga pendidikan yang tidak hanya mengajarkan materi sekolah umum, tetapi juga mengajarkan materi keagamaan bagi buah hati Anda. Salah satunya adalah lembaga anak usia dini Taud Ibnu Abbas.

Taud Ibnu Abbas adalah lembaga PAUD berbasis Al-Qur’an bagi anak usia 3-6 tahun. Walaupun berbasis Al-Qur’an, Taud Ibnu Abbas tidak hanya mengajari anak tentang Al-Qur’an saja.

Taud Ibnu Abbas mengajarkan materi pra sekolah dan mengenalkan serta memupuk rasa cinta anak kepada Allah, Rasulullah, dan Al-Qur’an. Bukan hanya itu saja, Taud Ibnu Abbas juga mendidik anak agar memiliki akhlak yang mulia, melatih kemandirian serta produktivitas anak, dan pengajaran-pengajaran baik lainnya.

Jangan takut si kecil akan bosan belajar di Taud Ibnu Abbas. Karena semua kegiatan pembelajaran didesain sedemikian rupa agar anak Anda selalu merasa senang ketika belajar. Tunggu apa lagi? Jadikan anak Anda generasi qur’ani dan berakhlak mulia bersama Taud Ibnu Abbas.