Cara Belajar Menulis Huruf Hijaiyah untuk Anak TK

Cara Belajar Menulis Huruf Hijaiyah untuk Anak TK

Cara belajar menulis huruf hijaiyah – Setiap umat muslim dianjurkan untuk mampu mengerti, membaca, serta menulis huruf hijaiyah. Mengapa? Karena dengan memahami huruf hijaiyah, kita bisa membaca Al-Qur’an dengan mudah dan benar.

Agar si kecil kelak bisa membaca Al-Qur’an, maka Anda perlu mengenalkannya kepada huruf hijaiyah. Selain itu Anda juga perlu mengajari anak untuk menulis huruf hijaiyah agar anak lebih memahaminya.

Berikut beberapa cara belajar menulis hijaiyah untuk anak-anak. Simak sampai akhir ya.

Cara Menulis Huruf Hijaiyah di Buku Tulis

Dalam mengajari buah hati untuk menulis huruf hijaiyah, tentu Anda perlu menerapkan cara menulis huruf hijaiyah secara bertahap. Mulai dari mengenalkan anak kepada bentuk-bentuk huruf hijaiyah, mengajari anak menulis huruf hijaiyah dengan mengikuti titik-titik, menulis huruf hijaiyah putus-putus, hingga menulis huruf hijaiyah bersambung.

Untuk mengajari anak menulis huruf hijaiah, Anda bisa menggunakan buku tulis sebagai media belajar anak. Namun untuk tahap awal, anak-anak memerlukan huruf hijaiyah titik-itik. Sehingga akan lebih baik jika Anda membeli buku latihan menulis huruf hijaiyah untuk anak-anak yang banyak terjual di pasaran.

Dengan buku latihan tersebut, Anda hanya perlu membimbing si kecil ketika berlatih tanpa harus membuat titik-titik secara manual di buku tulis. Jangan lupa untuk memberi pemahaman kepada si kecil bahwa menulis huruf hijaiyah itu dari sebelah kanan ke kiri.

Nah, di bawah ini kami sajikan beberapa cara belajar menulis huruf hijaiyah yang mudah bagi anak TK.

  • Belajar Menulis Huruf Hijaiyah dengan Titik-Titik

Cara belajar menulis huruf hijaiyah yang satu ini merupakan tahap awal setelah mengenalkan anak kepada bentuk-bentuk huruf hijaiyah.

Menggunakan titik-titik untuk belajar menulis, bisa menjadi cara awal anak untuk mengenal bagaimana menulis huruf hijaiyah dengan mudah. Anak hanya perlu menghubungkan titik-titik tersebut hingga terbentuk huruf hijaiyah.

Anda bisa menemukan huruf hijaiyah titik-titik di buku latihan menulis huruf hijaiyah anak. Anda juga bisa mencarinya di internet dalam bentuk gambar atau pdf dan mencetaknya.

Baca  Juga : Metode Menghafal Al Quran Untuk Anak Usia Dini

  • Belajar Menulis Huruf Hijaiyah Pisah

Jika anak sudah mampu mengikuti alur huruf hijaiah putus-putus, tahap selanjutnya adalah cara belajar menulis huruf hijaiah pisah.

Pada tahap ini, Anda bisa mulai mengajari anak Anda menulis huruf hijaiyah menggunakan buku tulis. Anda bisa langsung membimbing anak untuk menulis atau memberi contoh terlebih dahulu. Ajari anak untuk menulis huruf hijaiyah satu persatu tanpa disambung beserta harakatnya.

  • Belajar Menulis Huruf Hijaiyah Sambung

Nah, ini merupakan tahap terakhir bagi anak untuk mengetahui huruf hijaiyah. Jika si kecil sudah mampu menulis huruf hijaiyah pisah, maka untuk selanjutnya, anak perlu belajar menulis huruf hijaiyah sambung.

Dalam menulis huruf hijaiyah sambung, ada kaidah perlu Anda ikuti. Ada beberapa huruf yang dapat disambung di depan, tengah, dan juga belakang. Namun ada juga beberapa huruf yang tidak bisa disambung di beberapa posisi.

Untuk mengajari anak cara belajar menulis huruf hijaiah sambung, pengajar perlu memiliki pengetahuan yang cukup. Sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan pemahaman pada anak.

Itulah pembahasan mengenai cara menuntut ilmu menulis huruf hijaiyah bagi anak TK. Ingin anak Anda lebih mudah belajar menulis huruf hijaiyah? Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah menanamkan rasa cinta anak kepada kitab suci Al-Qur’an.

Jika anak sudah mampu mencintai Al-Qur’an, maka ia akan lebih semangat dan mudah untuk mempelajari Al-Qur’an, termasuk mancari ilmu tentang menulis huruf hijaiyah.Nah, untuk menanamkan rasa cinta anak kepada Al-Qur’an, percayakan kepada kami, Taud Ibnu Abbas.

Seperti layaknya lembaga PAUD pada umumnya, kami mengajarkan materi pra sekolah seperti pra menulis, pra membaca, dan sebagainya. Namun, ada yang istimewa dari kami.

Selain mengajarkan materi pra sekolah kepada buah hati Anda, kami, Taud Ibnu Abbas juga mengajarkan agama kepada anak. Dengan berbagai kegiatan belajar yang menyenangkan layaknya bermain, kami senantiasa menanamkan rasa cinta anak kepada Allah, Rasulullah, dan juga Al-Qur’an.

Kami membiasakan anak untuk mendengarkan serta melantunkan bacaan Al-Qur’an. Selain itu, kami juga menceritakan kisah Allah beserta rasulnya, sehingga anak dapat meneladani sifat terpuji rasul dan berharap anak bisa menjadi pribadi yang berakhlakul karimah.

Kami, Taud Ibnu Abbas menerima pendaftaran bagi anak usia 3-6 tahun. Segera daftarkan si kecil di Taud Ibnu Abbas dan jadikan kami partner Anda dalam mendidik sang buah hati.