Cara Belajar Menulis Al-Qur’an untuk Anak TK   

Cara Belajar Menulis Al-Qur’an untuk Anak TK  

Cara belajar menulis Al-Qur’an – Selain membaca Al-Qur’an, akan lebih baik lagi jika seorang muslim mampu menulis Al-Qur’an. Dan waktu yang tepat untuk mulai belajar menulis Al-Qur’an adalah saat masih kanak-kanak. Anak usia dini memiliki kecenderungan untuk meniru dan mengulang hal yang ia lihat atau dengar dari orang lain.

Dengan kecenderungan ini, sebagai orang tua Anda memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak. Salah satunya membiasakan anak untuk hidup berdampingan dengan Al-Qur’an.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara belajar menulis Al-Qur’an untuk anak usia TK.

Mengapa Perlu Belajar Menulis Al-Qur’an

Rasulullah SAW bersabda: “Setiap anak, lahir dalam keadaan fitrah, maka kedua bapak ibunya lah yang akan menjadikannya seorang Yahudi atau seorang Nasrani atau seorang Majusi”.  (Muttafaqun ‘alaih)

Tentu Anda ingin anak menjadi seorang muslim yang beriman bukan? Oleh karena itu, latih anak untuk mulai mempelajari Al-Qur’an sejak dini.

Salah satunya caranya adalah mengajari anak untuk menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Orang yang bisa membaca Al-Qur’an, belum tentu bisa menulisnya. Namun orang yang mampu menulis Al-Qur’an, pasti bisa membacanya.

Hukum Mempelajari Al-Qur’an

Bagaimana hukum mempelajari Al-Qur’an? Membaca, memahami, dan melaksanakan isi atau ajaran Al-Qur’an adalah wajib bagi setiap umat muslim. Mengapa wajib? Karena Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran Islam.

Al-Qur’an berisi perintah, larangan, serta petunjuk bagi orang yang beriman dan bertaqwa. Sehingga sebagai orang yang beriman dan bertaqwa, wajib hukumnya untuk mempelajari Al-Qur’an.

Baca Juga : Cara Menulis Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini

Cara Mengajarkan Menulis Al-Qur’an Kepada Anak

Ada beberapa tahap cara belajar menulis Al-Qur’an bagi anak. Tahap pertama adalah mengenalkan anak kepada huruf hijaiyah. Anda bisa memulainya dengan menyanyikan huruf hijaiyah sambil menunjukkan bentuknya kepada anak.

Tahap kedua cara belajar menulis Al-Qur’an adalah melatih anak untuk menghubungkan titik-titik atau menebalkan huruf hijaiyah. Mulai dari per huruf, huruf sambung, per kata, hingga per ayat.

Cara ini mampu membiasakan anak untuk menulis bentuk huruf hijaiyah dengan benar. Anda bisa membeli buku latihan menulis huruf hijaiyah untuk anak-anak di toko buku atau mencari media pembelajaran di internet dan mencetaknya.

Tahap selanjutnya dalam cara belajar menulis Al-Qur’an adalah melatih anak untuk menulis Al-Qur’an secara mandiri. Maksudnya adalah tanpa menghubungkan titik-titik atau menebalkan huruf.

Anda bisa membimbing anak untuk mencontoh tulisan yang ada di Al-Qur’an. Lakukan hal ini agar anak memahami bagaimana kaidah penulisan yang benar.

Manfaat Mengajarkan Anak Menulis Al-Qur’an

Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat yang akan anak Anda dapatkan dengan belajar menulis Al-Qur’an.

1.      Memperkuat hafalan dan daya ingat anak

Pada dasarnya, daya ingat manusia itu lemah. Dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menulis. Hal ini juga berlaku pada ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan menulis, anak akan lebih mudah menghafal huruf hijaiyah atau ayat-ayat Al-Qur’an.

2.      Melatih kreatifitas anak

Menulis Al-Qur’an dengan huruf hijaiyah mampu melatih anak untuk lebih kreatif dan memiliki gaya menulis sendiri. Karena menulis ayat Al-Qur’an menuntut anak untuk mampu menyambungkan huruf hijaiyah dan menuliskan tanda harakat di tempat yang sesuai.

3.      Mendatangkan ketenangan jiwa bagi anak

Menulis Al-Qur’an mampu berpengaruh positif bagi psikis anak. Al-Qur’an merupakan nuur yang mampu mendatangkan ketenangan bagi yang mempelajarinya. Aktivitas menulis Al-Qur’an yang anak Anda lakukan secara terus menerus juga dapat menumbuhkan perasaan tunduk dan patuh anak kepada Allah.

Nah, agar anak Anda merasa senang ketika belajar menulis Al-Qur’an dan mudah memahaminya, maka penting bagi Anda untuk menumbuhkan rasa cinta anak kepada Al-Qur’an.

Tumbuhkan rasa cinta itu bersama kami, Taud Ibnu Abbas. Taud Ibnu Abbas merupakan lembaga PAUD untuk anak usia 3-6 tahun. Selain memberikan berbagai materi pra sekolah kepada anak, kami juga senantiasa mendidik anak untuk mencintai Allah, Rasulullah, dan Al-Qur’an.

Agar anak mencintai Allah dan rasulnya, kami menceritakan berbagai kisah yang menarik bagi anak. Dan agar anak mencintai Al-Qur’an, kami membiasakan anak untuk mendengarkan serta melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Semua kegiatan belajar didesain sedemikian rupa agar si kecil merasa senang dan bahagia ketika belajar. Karena kami tahu bahwa jika anak merasa bahagia, maka ia akan lebih mudah memahami apa yang diajarkan kepadanya.

Didik buah hati Anda menjadi generasi qur’ani dengan metode yang menyenangkan bersama Taud Ibnu Abbas.