Cara Belajar Menulis Abjad ABC pada Anak Usia Dini

Cara Belajar Menulis Abjad ABC pada Anak Usia Dini

Cara belajar menulis abjad ABC – Belajar menulis abjad merupakan salah satu tahap dalam proses belajar anak. Pada usia sekitar 2 atau 3 tahun, si kecil mulai bisa memegang alat tulis. Bahkan tak jarang mereka mulai mencoret dinding atau lantai.

Saat anak berusia 2-3 tahun, Anda bisa mulai mengenalkan serta mengajari anak cara belajar menulis abjad ABC. Ketika mengajari anak, banyak orang tua yang membeli buku latihan alfabet dan membimbing anak untuk mengerjakan latihan di dalamnya.

Cara ini tidak salah, tetapi cenderung akan membuat anak merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar. Lalu bagaimana cara mengajari anak untuk menulis huruf abjad yang efektif?

Anda bisa mengajari anak menulis dengan cara yang mudah dan menyenangkan seperti berikut ini.

Ajarkan Menulis Huruf Balok dengan Menyebutkan Nama Objek

Cara belajar menulis abjad abc yang pertama adalah mengenalkan anak kepada huruf abjad. Caranya adalah dengan mengajari anak untuk menyebutkan nama objek atau benda yang diawali dengan huruf abjad tertentu.

Pada kertas atau papan, tulislah huruf balok. Kemudian bimbing anak untuk mengucapkan nama benda yang berawalan huruf balok tersebut. Misalnya Anda menulis huruf A, kemudian minta anak untuk mengucapkan kata apel.

Demikian juga untuk huruf-huruf selanjutnya. Minta anak untuk mengucapkan nama objek sesuai dengan huruf balok yang Anda tulis.

Mulailah untuk Membentuk Huruf dari Benda atau Mainan

Cara belajar menulis abjad ABC yang selanjutnya adalah mengajarkan anak untuk membentuk huruf dari benda atau mainannya.

Agar anak mudah paham, awali dengan huruf yang terdiri dari garis lurus. Misalnya adalah huruf A, L, I, N, dan sebagainya. Untuk membentuk huruf-huruf ini, Anda bisa menggunakan sumpit, sendok, atau sebagainya.

Untuk membentuk huruf yang memiliki lengkungan seperti huruf C, D, O, dan sebagainya, Anda bisa menggunakan mi, tali, atau benda lainnya.

Gunakan Objek Tertentu

Cara selanjutnya adalah membimbing anak untuk membentuk huruf menggunakan objek atau benda tertentu. Misalnya kancing baju, permen, sereal, atau benda lainnya.

Tahukan Anda bahwa menggunakan objek tertentu, terutama yang berukuran kecil untuk membentuk huruf dapat membantu melatih kesabaran anak? Karena ketika menyusun benda agar membentuk sesuatu, anak dituntut untuk sabar dan telaten.

Jangan Lupa untuk Menggunakan Jarinya

Untuk membiasakan tangan anak menulis, Anda bisa melatih anak menulis menggunakan jarinya. Anda bisa menggunakan cat air dan kertas sebagai medianya.

Selain mampu melatih anak membentuk huruf, cara ini juga bisa menjadi sarana bermain yang menyenangkan bagi anak.

Mulailah untuk Menulis di Atas Kertas

Cara belajar menulis abjad abc yang terakhir adalah dengan mengajari anak untuk mulai menulis di kertas menggunakan alat tulis. Bimbing anak untuk menulis huruf yang bentuknya sederhana terlebih dahulu, seperti huruf O, I, Z, dan sebagainya.

Jika anak sudah lancar, bimbing anak untuk menulis huruf yang bentuknya lebih rumit. Selain itu, ajari anak untuk menulis huruf kecil.

Nah, agar proses belajar sang buah hati menjadi lebih maksimal, Anda bisa mendaftarkannya di PAUD mulai usia 3 tahun. Mendaftarkan anak di PAUD sejak usia dini mampu melatih keberanian dan membiasakan anak untuk bersosialisasi.

Akan lebih baik lagi jika Anda mendaftarkan anak Anda di lembaga PAUD yang tidak hanya mengajarkan materi pra sekolah, tetapi juga mengenalkan agama kepada anak. Seperti lembaga PAUD yang satu ini, yaitu Taud Ibnu Abbas.

Taud Ibnu Abbas adalah lembaga tahfidz anak usia dini yang tidak hanya mengajarkan materi pra sekolah. Tetapi juga senantiasa menanamkan benih-benih kecintaan anak kepada Allah, Rasulullah, dan juga Al-Quran.

Semua kegiatan pembelajaran didesain sesuai fitrah anak agar anak selalu merasa senang dan bahagia ketika belajar. Jadi jangan khawatir anak Anda akan takut atau bosan ketika belajar di Taud Ibnu Abbas.

Tunggu apa lagi? Mari didik anak Anda menjadi generasi qur’ani dan siap bersekolah bersama Taud Ibnu Abbas.